Minum Banyak Air Putih Sekaligus, Itu Salah!


BERANDA.COM IS FOR SALE WHATSAPP (62) 081-550-58587

minum-air-putih130718b

Air berperan penting untuk metabolisme tubuh, menyegarkan sekaligus membantu pencernaan dan mengeluarkan racun. Namun banyak yang salah beranggapan dalam mengonsumsi air putih.

“Banyak yang mengatakan perbanyak minum air putih, maka orang tersebut langsung minum air dalam volume besar atau terlalu banyak,” ujar Peracik Jamu di Kafe Bukti Mentjos, Yuli Ati.

Padahal, bukan berapa banyaknya air putih yang dikonsumsi dalam sesaat, melainkan perlu ada jeda dalam sehari. Menurut Yuli, minum air putih sebaiknya cukup segelas tiap dua jam, bukan minum sekaligus. Satu jam sebelum makan dan setelah makan.

“Minum air yang langsung banyak bukan menyebar ke seluruh tubuh tapi langsung menuju ginjal dan saluran kencing maka tidak diserap tubuh tetapi langsung dibuang lewat air seni,” lanjut wanita yang disapa Yuli.

Ahli Traditional Chinese Medicine (TCM) Dokter William Adi Teja menyebutkan, bahwa tubuh memang membutuhkan air. Saat tubuh bereaksi haus, bibir bakal kering.  Inilah saatnya kita mesti minum.

Dan jika tidak haus maka tidak perlu terlalu banyak minum.  “Ketika minum air sekaligus, akan langsung menuju ginjal dan ini memberatkan kerja ginjal. Sebaiknya tidak langsung minum dalam volume banyak. Sedikit demi sedikit namun rutin sampai memenuhi kebutuhan asupan cairan di tubuh,” ujar William.



Baca Juga: