mengenal-okra-sayuran-kaya-lendir-yang-tinggi-manfaat-sehat

Mengenal okra, sayuran kaya lendir yang tinggi manfaat sehat


BERANDA.COM IS FOR SALE WHATSAPP (62) 081-550-58587

Pernahkah kamu mendengar nama okra? Sayuran yang dikenal dengan istilah asing lady finger ini memang belum terlalu familiar di Indonesia. Meski begitu tak ada salahnya jika kamu mengenal sayuran berlendir ini.

Sayuran dengan nama ilmiah Abelmoschus esculentus ini umumnya tumbuh di negara yang beriklim tropis. Sehingga budidaya okra mulai muncul di Indonesia. Okra bisa diolah dengan cara ditumis sehingga kamu bisa mengonsumsinya untuk mendapatkan manfaat sehat berikut.

Mengobati anemia
Konsumsi okra akan membantu produksi sel darah merah yang secara efektif bisa mencegah atau mengobati anemia.

Bersifat anti kanker
Okra adalah sumber antioksidan yang sangat baik dan bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sifat sehatnya bisa melindungi tubuh dari radikal bebas serta mencegah mutasi sel kanker.

Mengurangi asma
Okra mengandung sejumlah vitamin C dan zat antioksidan yang membantu mengurangi serangan asma secara aktif.

Menguatkan tulang
Okra tinggi folat yang diketahui bisa membantu menguatkan tulang serta mencegah osteoporosis.

Menurunkan kolesterol
Serat larut yang ada dalam okra akan membantu menurunkan kolesterol yang pada gilirannya bisa mengurangi aterosklerosis dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Melancarkan konstipasi
Kamu sedang mengalami sulit BAB? Cobalah untuk makan okra. Kandungan serat dan lendir di dalamnya merupakan obat pencahar alami yang bisa meningkatkan pergerakan usus. BAB pun lancar dan risiko kanker usus besar akan turun.

Menyembuhkan diabetes
Bagi kamu yang sedang menderita diabetes, maka kamu disarankan untuk makan 6-8 buah okra setiap hari. Sifat alaminya mampu menurunkan kadar insulin dalam tubuh.

Menjaga kesehatan mata
Okra kaya beta karoten, lutein, dan xanthin yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

Itulah manfaat okra untuk kesehatan tubuhmu. Jika kamu menemukan okra di pasar atau swalayan, maka tak ada salahnya jika kamu membelinya dan mencoba untuk mengonsumsi okra.



Baca Juga: