mengenal-bigoreksia-obsesi-membentuk-badan-yang-kelewat-batas

Mengenal bigoreksia, obsesi membentuk badan yang kelewat batas


BERANDA.COM IS FOR SALE USD 500,000 WHATSAPP (62) 081-550-58587

Anoreksia merupakan kelainan dalam diri seseorang untuk memiliki bentuk tubuh sekurus mungkin. Penderitanya cenderung enggan banyak makan karena takut gemuk. Anoreksia yang kelewat batas tentu saja menimbulkan bahaya kesehatan seperti malnutrisi hingga kematian.

Lalu bagaimana dengan bigoreksia? Sudahkah kamu mengetahuinya?

Menurut artikel yang dilansir dari boldsky.com, bigoreksia merupakan keinginan atau obsesi berlebihan pada diri seseorang untuk memiliki bentuk tubuh yang terlihat besar dengan otot-otot yang kokoh dan besar pula. Penderitanya memulai dengan olahraga mengangkat beban secara obsesif. Setelah otot terbentuk, mereka tetap merasa tidak puas. Sehingga melakukan latihan angkat beban secara terus-menerus yang kemudian dilanjut dengan konsumsi suplemen mengandung steroid untuk mendorong pembentukan otot.

“Bigoreksia yang memiliki nama lain dysmorphia otot ini ternyata juga bisa tumbuh karena rasa tidak percaya diri akan bentuk tubuh sendiri yang diperparah dengan stigma bahwa tubuh berotot adalah hal yang seksi dan berkesan kuat.”

Lalu, apa dampak buruk dari obsesi ini? Tentu saja latihan beban yang berlebih dan bisa berujung dengan cedera atau konsumsi steroid secara berlebih hingga rasa cemas dan depresi yang muncul karena obsesi yang tidak wajar.



Baca Juga: