Melihat lebih dekat tentang 5 jenis kanker hati


BERANDA.COM IS FOR SALE 500,000 USD. WA (62) 081-550-58587.
SUITABLE FOR MARKETPLACE, NEWS PORTAL, SEARCH ENGINE, PROPERTY ETC.

melihat-lebih-dekat-tentang-5-jenis-kanker-hati

Kanker hati yang baru-baru ini merenggut nyawa salah satu selebriti terkenal Hollywood David Bowie, memang menjadi salah satu penyakit yang mematikan di dunia. Mengetahui gejala dan tanda kanker hati lebih awal akan membantu para medis mengobati penyakit ini dengan lebih baik. Sel kanker yang memulai perkembangannya pada hati disebut dengan kanker hati primer. Berawal dari sini, sel kanker dapat berkembang dengan cara yang berbeda dan menghasilkan beberapa jenis kanker hati yang berbeda pula. Kanker biasanya dinamai berdasarkan jenis sel aslinya dari organ pertama tempat mereka berkembang.

Sel-sel kanker dapat melepaskan diri dari lokasi utama dan mulai melakukan perjalanan ke bagian tubuh lain melalui darah atau sistem limfatik. Sel-sel tersebut kemudian hinggap pada organ lain dan mulai mengembangkan dirinya. Kondisi inilah yang disebut dengan kanker sekunder. Tetapi jenis sel-sel yang berkembang masih sama dengan sel kanker primer.

Sangat penting mengetahui jenis sel kanker primer, karena pengobatan yang diberikan akan merujuk pada kanker primer meskipun telah berkembang pada bagian tubuh yang lain. Melansir dari cancerresearchuk.org, berikut ini merupakan kelompok kanker hati primer yang dibedakan dalam lima kategori.

1. Karsinoma hepatoseluler (Hepatocellular carcinoma)

Kanker ini juga terkadang disebut hepatoma atau kanker hati. Ini adalah jenis yang paling umum dari kanker hati primer. Hepatocellular adalah sebutan untuk sel-sel hati. Sedangkan karsinoma adalah sebutan untuk kanker.

Jenis kanker hati ini berkembang dari sel-sel hati utama yang disebut dengan hepatosit. Hal ini lebih sering terjadi pada orang dengan kondisi hati yang rusak karena sirosis (hepatitis kronis). Kondisi ini lebih sering dikembangkan oleh pria dibandingkan pada wanita. Kondisi ini juga lebih umum terjadi pada orang dengan usia lanjut.

2. Karsinoma fibrolamellar

Karsinoma fibrolamellar merupakan jenis langka dari karsinoma hepatoseluler. Istilah fibro yang digunakan mengacu pada jaringan berserat dan pipih seperti struktur sel. Karsinoma fibrolamellar cenderung dikembangkan oleh orang-orang yang berusia lebih muda. Kanker ini juga biasanya tidak terkait dengan sirosis atau infeksi hepatits B atau C. Orang-orang yang menderita karsinoma fibromellar biasanya tidak memiliki kadar alfa fetoprotein (AFP) yang tinggi dalam darahnya. Alfa fetoprotein (AFP) adalah protein yang dihasilkan saat bayi belum lahir di mana dia masih tumbuh di dalam rahim.

3. Cholangiocarcinoma (kanker saluran empedu)

Cholangio adalah istilah yang mengacu pada saluran empedu. hati adalah organ yang memproduksi empedu. Empedu membantu mencerna lemak dalam makanan dan mengalir melalui tabung yang disebut dengan saluran empedu ke dalam kandung empedu. kanker bisa di mulai di mana saja dalam sepanjang saluran empedu tersebut.

Jika kanker di mulai di bagian saluran dalam hati, maka ini disebut dengan cholangiocarcinoma intra hepatic dan digolongkan sebagai jenis kanker hati primer. Jika kanker di mulai di bagian luar saluran hati, maka ini disebut dengan extrahepatic cholangiocarcinoma.

4. Angiosarcoma

Angiosarcoma juga bisa disebut haemangiosarcoma. Kanker jenis ini dimulai dari pembuluh darah hati, dan sangat jarang terjadi. Kanker hati jenis ini paling sering didiagnosis pada orang yang mencapai usia 70 hingga 80-an. Ini adalah jenis sarkoma jaringan lunak. Sarkoma adalah kelompok tumor yang seringkali menyerang jaringan tubuh bagian tengah, meskipun tak menutup kemungkinan menyerang jaringan tubuh bagian luar.

5. Hepatoblastoma

Layaknya angiosarcoma, hepatoblastoma adalah jenis yang sangat jarang dari kanker hati primer. Kanker ini biasanya mempengaruhi anak-anak. jenis kanker hati ini seringkali didiagnosis pada anak-anak yang berusia di bawah 3 tahun. Pengobatan biasanya dilakukan melalui operasi dan kemoterapi.



Baca Juga: