ini-yang-terjadi-di-otak-setelah-kamu-makan-kunyit

Ini yang terjadi di otak setelah kamu makan kunyit



Seperti yang kamu tahu, kunyit merupakan rempah-rempah ajaib yang memiliki beberapa manfaat positif untuk tubuh. Bahkan dikatakan bahwa kunyit memiliki 600 manfaat kesehatan di dalamnya!

Lalu, apa yang membuat kunyit jadi super sehat? Adanya kandungan senyawa aktif yang disebut kurkumin yang jadi jawabannya. Itulah sebabnya mengonsumsi kunyit begitu menyehatkan untuk tubuh, termasuk mampu mendukung kesehatan otakmu.

Selain kurkumin, terdapat kandungan aromatik turmeron atau senyawa larut dalam lemak yang ditemukan di kunyit. Senyawa ini mampu memberikan efek positif pada sel induk saraf berupa peningkatan produksi sel saraf. Sehingga setelah kamu mengonsumsi kunyit, sel-sel otak akan beregenerasi dan menghindarkan kamu dari penyakit degeneratif seperti Alzheimer atau stroke.

“Beberapa manfaat lain dari kunyit untuk otak adalah kunyit bersifat anti inflamasi dan antioksidan yang berperan dalam melawan peradangan serta menetralisir radikal bebas. Sifat ini juga akan meningkatkan tingkat hormon BDNF di otak yang merangsang pertumbuhan neuron baru, meningkatkan neurotransmitter serotonin dan dopamin untuk membantu melawan depresi, serta menunda penuaan sel-sel otak,” ungkap penelitian yang dilansir dari boldsky.com.

Selain dikonsumsi secara langsung, kamu bisa mendapatkan manfaat sehat dari kunyit lewat minuman yang mengandung ekstrak kunyit atau masakan yang menggunakan kunyit sebagai bumbu utamanya.



Baca Juga: