ini-dia-cara-jitu-agar-buah-hati-mau-makan-sayur

Ini dia cara jitu agar buah hati mau makan sayur


BERANDA.COM IS FOR SALE WHATSAPP (62) 081-550-58587

Semua ibu tahu bahwa membuat anak makan sayur adalah pekerjaan yang susah-susah gampang. Anak seringkali tak suka dengan rasa sayur, padahal mereka membutuhkan vitamin dan nutrisi yang ada di dalamnya. Sebelumnya penelitian menunjukkan bahwa menjelaskan sayur sebagai makanan sehat pada anak justru membuat mereka ogah makan sayur.

Namun kini peneliti telah menemukan rahasia agar anak gemar makan sayur sejak kecil. Peneliti dari University of Leeds menjelaskan bahwa membiasakan anak makan sayur sejak bayi dan sering memberikan sayur sebagai menu makanan mereka akan membuat anak menjadi gemar makan sayur hingga besar.

Penelitian yang dipimpin oleh profesor Marion Hetherington dari Institute of Psychological Sciences juga menemukan bahwa bahkan bayi yang susah makan pun masih mau mengonsumsi lebih banyak sayuran baru yang ditawarkan pada mereka. Hasil ini mematahkan mitos populer yang dipercaya oleh banyak orang tua bahwa mereka harus ‘menyamarkan’ rasa sayur dengan rasa makanan lainnya agar anak mau memakannya.

“Jika kamu ingin membuat anak terbiasa makan sayur, pastikan kamu mulai mengenalkan sayur pada mereka sejak dini dan sering memberikan mereka sayur. Bahkan anak yang susah makan akan menyukai sayur jika kamu melakukannya,” ungkap Hetherington, seperti dilansir oleh Science Daily.

Hasil ini didapatkan setelah peneliti melakukan percobaan terhadap 332 anak dari tiga negara. Mereka diberikan sayuran sejak bayi hingga berusia 38 bulan. Selama percobaan, tiap anak diberikan 10 porsi sayuran dalam tiga versi, yaitu versi asli, diberi pemanis, dan diberikan minyak sayur. Peneliti menemukan bahwa anak yang mengonsumsi sayuran berpemanis justru semakin lama semakin tak suka mengonsumsi sayur.

Selain itu, bayi berusia muda lebih banyak mengonsumsi sayuran dibandingkan dengan yang lebih tua. Hal ini karena anak berusia di bawah 24 bulan biasanya mudah mencoba makanan-makanan baru. Sementara anak di atas 24 bulan mulai menolak makanan yang diberikan pada mereka.

Peneliti kemudian menyimpulkan bahwa cara terbaik untuk membuat anak gemar makan sayur adalah dengan memberikan sayur versi asli, tanpa diberikan gula atau minyak sayur, serta diberikan sedini mungkin ketika anak masih suka mencoba makanan. Jika anak dibiasakan dengan rasa sayur sejak kecil, mereka akan menjadi gemar makan sayur ketika tumbuh besar. Ingin membuktikan hasil penelitian ini? Kamu bisa mencoba teknik ini.



Baca Juga: