Diet sehat dan olahraga mampu cegah kanker kambuh


BERANDA.COM IS FOR SALE 500,000 USD. WA (62) 081-550-58587.
SUITABLE FOR MARKETPLACE, NEWS PORTAL, SEARCH ENGINE, PROPERTY ETC.

Pedoman kesehatan terbaru yang dirilis oleh pihak American Cancer Society menyebutkan bahwa orang-orang yang pernah menderita kanker sebaiknya tetap hidup sehat dengan cara menjalani diet dan olahraga teratur untuk mencegah kanker kembali datang. Pada dasarnya, hampir semua dokter memang menyarankan hal ini kepada pasien mereka setelah menjalani pengobatan kanker.

Pedoman kesehatan tersebut secara resmi dikeluarkan pada Kamis (26/04) yang menyatakan bahwa penderita kanker sebaiknya menjaga berat badan mereka, berolahraga secara teratur, dan mengonsumsi makanan sehat sehingga mengurangi risiko penyakit kanker yang kembali datang. Selama ini, setidaknya sudah ada dua organisasi kesehatan resmi lain yang menyebutkan hal serupa. Namun masyarakat tetap dinilai sebagai orang yang paling berpengaruh terhadap diri mereka sendiri.

Sebelumnya, sudah banyak studi yang menyebutkan bahwa diet sehat dan olahraga teratur yang mampu mengurangi risiko seseorang terkena kanker. Akan tetapi pola hidup sehat tersebut ternyata kini juga dipercaya ampuh untuk mencegah kanker kembali menyerang seseorang yang dulu pernah terjangkit penyakit serupa.

Meskipun demikian, tidak semua pasien mau menjalani program diet sehat dan olahraga teratur seperti yang disarankan oleh dokter mereka. Para pasien tersebut mengaku bahwa beberapa jenis terapi yang mereka jalani terkadang memberi efek samping, seperti kelelahan dan mual, dan membuat mereka ingin mengonsumsi makanan yang mereka pikir lezat.

“Kuncinya memang harus makan teratur dan bergizi. Tetapi aku makan makanan Meksiko, burger, dan pizza saat masa-masa terapiku,” tutur salah satu pasien leukimia sambil tertawa, Bob Falkenberg, seperti yang dikutip dari CBS News. (merdeka)



Baca Juga: