daripada-dimakan-mentah-4-sayuran-ini-sebaiknya-dimasak-dahulu

Daripada dimakan mentah, 4 sayuran ini sebaiknya dimasak dahulu


BERANDA.COM IS FOR SALE WHATSAPP (62) 081-550-58587

Mengonsumsi makanan mentah, terutama sayur dan buah sangatlah disarankan. Sebab makanan yang tanpa melalui proses pemasakan diyakini lebih terjaga kandungan nutrisi di dalamnya. Tubuh pun bisa mendapatkan nutrisi yang utuh yang berguna untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Namun, menurut penelitian yang dilansir dari thehealthsite.com, ada beberapa jenis sayuran yang malah sebaiknya harus dimasak terlebih dahulu daripada dikonsumsi secara mentah. Apa saja?

1. Wortel

Konsumsi wortel mentah, terutama yang berjenis baby carrot tak diragukan lagi akan keenakan rasanya. Namun menurut penelitian yang diterbitkan di Journal of Agriculture and Food Chemistry tahun 2008 menyebutkan bahwa memasak wortel akan lebih bisa mengawetkan kandungan zat antioksidan di dalam wortel.

Selain itu, proses pemasakkan juga bisa meningkatkan kandungan beta karoten pada wortel.

2. Zucchini

Zucchini memiliki tekstur yang mirip dengan mentimun. Penelitian menemukan bahwa sama seperti wortel, proses memasak zucchini justru bisa mengawetkan kandungan zat antioksidan di dalamnya.

3. Brokoli

Brokoli memiliki efek super sehat untuk mencegah kanker. Penelitian di tahun 2008 menemukan efek dari proses memasak brokoli pada kandungan karotenoid di dalamnya. Hasilnya, proses pemasakkan ini membuat brokoli lebih aman untuk dikonsumsi. Serta disarankan agar kamu memasak brokoli dengan cara dikukus daripada direbus.

4. Tomat

Tomat mengandung senyawa sehat bernama lycopene. Senyawa ini bagus untuk mendukung kesehatan jantung serta mencegah kanker. Daripada dikonsumsi mentah, kamu lebih bisa mendapatkan manfaat sehatnya dengan memasak tomat terlebih dahulu.

Penelitian di atas jadi bukti bahwa mengonsumsi makanan secara mentah tak selalu sehat. Namun ingat, proses pemasakkan yang dilakukan jangan sampai merusak nutrisi dalam sayuran.



Baca Juga: