Bayam memang ampuh menguatkan otot seperti Popeye


BERANDA.COM IS FOR SALE WHATSAPP (62) 081-550-58587

Sepertinya otot lengan Popeye yang membesar dan kekuatannya yang bertambah setelah makan bayam bukan sekadar tipuan. Sebab sebuah penelitian terbaru menjelaskan bahwa bayam memang ampuh memperkuat otot.

Senyawa dalam bayam yang bernama nitrat merupakan kandungan utama yang mampu meningkatkan produksi protein dan memicu kekuatan otot. Studi dari Sweden’s Karolinska Institute ini pun menambahkan efek nitrat pada bayam sama dengan konsumsi dua sampai tiga buah bit, selada, dan lobak.

Para ahli menggunakan tikus laboratorium dalam percobaan senyawa nitrat dan menemukan adanya kekuatan otot yang meningkat meskipun lamban. Mereka yakin manusia pun akan mendapatkan efek yang serupa jika rutin mengonsumsi bayam atau makanan lain yang kaya akan nitrat.

“Hal yang menarik adalah menemukan bukti bahwa orang-orang yang ototnya lemah, berpenyakit, dan mengalami penuaan, dan membuktikan bahwa nitrat bisa memperkuat otot mereka,” tutur salah satu peneliti, Andres Hernandez.

Seperti yang dilansir dari Daily Mail (26/06), studi tersebut pun telah dilaporkan dalam Journal of Physiology.

Sementara itu, penelitian sebelumnya pernah menyebutkan manfaat lain dari bayam. Pertama, bayam mampu membuat kita merasa kenyang lebih lama. Kemudian studi lain menyatakan bayam berkhasiat mempercepat pemulihan pasien penderita penyakit jantung. (merdeka)



Baca Juga: