Awas, pola makan buruk mampu rusak jantung


BERANDA.COM IS FOR SALE WHATSAPP (62) 081-550-58587

Seberapa sering Anda melompati jam makan? Dan seberapa banyak makanan tidak sehat yang Anda konsumsi setiap hari? Awas, sebuah penelitian menemukan bahwa pola makan yang buruk mampu merusak kesehatan jantung Anda.

Penelitian yang dilansir dari indiatimes.com ini menunjukkan bahwa pola makan yang buruk dapat menyebabkan perubahan ekspresi gen (epigenetik) yang akhirnya membuat risiko gangguan kardiovaskular lebih tinggi.

“Tanpa disadari, salah satu dari bentuk gaya hidup yang tidak sehat seperti pola makan yang buruk mampu mempengaruhi cara kerja sistem kekebalan tubuh dan bahkan menyebabkan aterosklerosis atau penumpukan plak di dalam arteri. Hal ini mampu membatasi aliran darah yang kaya oksigen ke organ tubuh lainnya dan pada akhirnya mampu menurunkan kesehatan tubuh,” jelas Erik van Kampen, salah seorang peneliti dari Universitas Leiden, Belanda.

“Saya berharap bahwa penelitian ini mampu mengajak orang untuk lebih peduli dengan gaya hidup yang mereka jalankan. Melompati jam makan tidak akan membuat tubuh Anda menjadi sehat atau kurus, namun sebaliknya justru dapat menurunkan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.” (merdeka)



Baca Juga: