Awas, earphone bisa membunuh Anda!


BERANDA.COM IS FOR SALE WHATSAPP (62) 081-550-58587

Menggunakan earphone saat berjalan memang hak setiap orang, dan bisa jadi merupakan kebiasaan bagi banyak orang. Namun harus diperhatikan bahwa jika Anda menggunakan earphone saat berkendara atau berjalan di jalan yang ramai, Anda bisa terbunuh. Tentu saja, hal ini disebabkan Anda yang tak bisa mendengar suara kendaraan yang datang.

Beberapa kasus kematian dan kecelakaan pejalan kaki karena menggunakan earphone juga telah meningkat di beberapa negara, seperti India.

“Sungguh mengherankan bagaimana orang bisa sangat ceroboh dengan nyawanya. Menyeberang sambil mendengarkan musik tak hanya berbahaya bagi mereka, tetapi juga bagi orang lain yang melintas atau menggunakan kendaraan,” kata Satyendra Garg, petugas lalu lintas di India.

Seperti dilansir oleh Times of India, dokter juga mengatakan bahwa dengan menggunakan earphone, pejalan kaki bisa secara ceroboh mendekati lalu lintas yang ramai, tanpa menyadari betapa berbahayanya hal tersebut. Mereka juga lebih lambat saat bereaksi ketika menghadapi saat-saat darurat.

Namun Garg mengatakan bahwa tak banyak yang bisa dilakukan terkait hal ini. “Kecuali melakukan kampanye dan memperingatkan masyarakat, tak ada lagi yang bisa kita lakukan. Namun kami akan tetap menggalakkan kampanye dan iklan di radio dan televisi untuk memperingatkan orang-orang. Kemungkinan kami juga akan memberikan sanksi pada pejalan kaki yang menggunakan earphone saat menyeberang.”

Sementara itu mahasiswa di Mumbai University melakukan kampanye “No Headphone” untuk meningkatkan kesadaran para mahasiswa mengenai efek buruk penggunaan headphone. Ini dilakukan setelah satu minggu sebelumnya seorang mahasiswa tertabrak kereta api saat melintas karena dia menggunakan earphone. Mahasiswa tersebut tak bisa mendengar suara kereta api yang datang.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda pernah mengalami hal-hal yang buruk di perjalanan karena memakai earphone atau headphone? | merdeka

REKOMENDASI | Belanja aneka produk earphone & headphone terlengkap disini.



Baca Juga: