apa-yang-terjadi-di-tubuh-saat-kantung-empedu-dihilangkan

Apa yang terjadi di tubuh saat kantung empedu dihilangkan?



Kantung empedu merupakan organ tubuh yang menyimpan sekitar 50 ml cairan empedu yang berfungsi untuk mencerna lemak yang masuk dalam tubuh. Ketika makanan yang kamu konsumsi tinggi akan lemak, maka cairan empedu bekerja begitu keras untuk mencernanya dan bisa berakhir dengan munculnya penyakit batu empedu karena cairan empedu yang mengerak.

Biasanya saat kamu menderita batu empedu, tindakan operasi dilakukan untuk menyembuhkannya. Dan kantung empedu juga ikut dihilangkan.

Lantas, apa yang terjadi pada tubuhmu saat tidak ada kantung empedu?

Menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com, mereka yang kantung empedunya dihilangkan mengatakan bahwa ada banyak perubahan dalam sistem pencernaan mereka.

“Karena kantung empedu berfungsi untuk menampung cairan empedu, maka ketika tidak ada kantung, cairan dari liver akan langsung diangkut ke usus kecil. Hal ini akan menyebabkan diare karena liver dan usus kecil masih belum terbiasa dengan proses tersebut. Gangguan ini dikenal sebagai sindrom pasca kolesistektomi,” terang penelitian ini.

“Sebenarnya penghapusan kantong empedu tidak bisa 100% menghilangkan batu empedu. Itulah sebabnya mengubah pola makan menjadi lebih sehat sangatlah tepat bagi kamu yang menderita penyakit batu empedu atau baru saja mengalami operasi yang berhubungan dengan empedu.”



Baca Juga: