7-tanda-awal-kanker-yang-sering-kali-diabaikan-wanita-apa-saja

7 Tanda awal kanker yang sering kali diabaikan wanita, apa saja?



Ketika berbicara tentang kanker, pencegahan sedari dini sangatlah diperlukan. Pencegahan ini bisa berupa tentang pengecekan kondisi kesehatan untuk mengetahui seberapa besar potensi kamu bisa mengidap kanker hingga mengetahui gejalanya sedari awal. Dengan melakukan tindakan ini, maka kamu pun bisa meminimalisir risiko untuk terkena penyakit mematikan tersebut.

Menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com, ada beberapa tanda dari kanker yang sayangnya sering diabaikan oleh para wanita. Berikut adalah daftarnya.

Sakit pinggang
Pasien yang didiagnosis penyakit kanker hati sebelumnya sering mengeluh sakit punggung. Nyeri punggung juga dapat menjadi tanda awal dari kanker payudara karena tumbuhnya tumor yang kemudian menekan hingga di bagian belakang.

Berubahnya warna kuku
Berubahnya warna kuku menjadi pucat dan keputihan adalah tanda dari kanker hati. Sementara kuku yang berubah warna jadi cokelat atau kehitaman mengindikasikan kanker kulit. Sedangkan kuku yang melengkung adalah tanda dari kanker paru-paru.

Wajah bengkak
Wajah bengkak nan memerah adalah indikator dari kanker paru-paru. Hal ini terjadi karena tumor cenderung memblokir pembuluh darah di dada dan kemudian membatasi alirannya ke wajah.

Munculnya benjolan
Jika di tubuhmu sering muncul benjolan dan terasa nyeri atau berdarah, bisa jadi ini adalah gejala awal dari kanker kulit.

Adanya benjolan di payudara
Munculnya benjolan yang tak biasa di payudara dan disertai dengan rasa nyeri adalah tanda awal dari kanker payudara. Selain benjolan, perubahan puting juga bisa menjadi tanda kanker payudara menyerang.

Nyeri tak lazim saat menstruasi
Sering mengalami nyeri tak biasa saat menstruasi? Bisa jadi itu adalah tanda awal dari kanker rahim.

Sesak napas
Sesak napas atau mengi yang muncul tanpa sebab bisa merupakan potensi dari munculnya kanker paru-paru.



Baca Juga: