7 Makanan pengusir bad mood


BERANDA.COM IS FOR SALE WHATSAPP (62) 081-550-58587

Bad mood tidak pandang bulu, semua orang pasti pernah mengalaminya. Efeknya pada setiap orang juga berbeda-beda, ada yang menyebabkan susah makan dan tidur, tapi ada yang justru meningkatkan nafsu makan dan tidurnya. Makanan yang dikonsumsi saat bad mood sebaiknya tidak asal-asalan tetapi pilihlah yang memang dapat mengurangi kejenuhan Anda. Woman’s Day memberikan beberapa contoh makanan yang tepat untuk suasana hati Anda.

1. Coklat
Coklat pasti digemari banyak orang, tidak peduli mereka sedang bad mood atau good mood. Tapi saat Anda sedang stres, coklat hitam lebih dianjurkan karena dapat mengurangi hormon stres cortisol dan catecholamines, mengurangi rasa cemas, serta membuat Anda bersemangat untuk menyelesaikan pekerjaan.

2. Bayam
Asam folat dapat mengurangi kadar homocysteine dalam tubuh. Kandungan homocysteine yang tinggi dalam tubuh dapat mengganggu kerja pembuluh darah untuk menyuplai darah dan nutrisi ke otak, sehingga otak tidak bisa merespon perintah dengan cepat, lambat berpikir dan susah konsentrasi. Asam folat yang terdapat pada bayam, kentang, jamur, kacang-kacangan dipercaya dapat menurunkan kadar homocysteine dalam tubuh.

3. Apel dengan selai kacang
Perilaku yang rewel pada anak menandakan bahwa ada sesuatu yang kurang pas dalam tubuhnya, begitu juga pada tubuh orang dewasa. Anda perlu membuat kombinasi karbohidrat, protein dan lemak yang sehat untuk meningkatkan energi Anda dalam jangka waktu yang lama.

4. Burger ikan salmon
Masalah keuangan, keluarga, anak-anak sering membuat seseorang cemas. Di saat seperti ini, menambahkan burger ikan salmon pada menu makan siang Anda sangat tepat. Kandungan omega-3 dapat mengurangi kecemasan Anda.

5. Teh hijau
Mungkin lolongan anjing tetangga di malam hari membuat Anda ingin marah, atau kemacetan jalan raya membuat Anda jengkel. Saat emosi sedang naik, cobalah redakan dengan teh hijau. Kandungan theanine dalam teh hijau dapat menenangkan pikiran Anda.

6. Sereal dengan susu
Sereal dan susu yang bisa menjadi menu sarapan sehari-hari dapat Anda konsumsi saat Anda sedang sedih, karena kandungan dalam sereal dan susu dapat meningkatkan produksi serotonin, hormon yang dapat membuat perasaan Anda menjadi tenang, rileks dan bahagia.

7. Sandwich dengan salad telur
Bagi wanita yang menjelang masa pre-menstrual syndrome, tubuhnya membutuhkan banyak karbohidrat, mengalami bad mood, dan kelelahan dalam beraktifitas. Beragam sandwich dengan salad telur dapat membantu mencukupi karbohidrat, hormon yang memberikan perasaan tenang, dan tambahan energi untuk beraktifitas.

Beberapa contoh makanan di atas dapat membantu Anda mengatasi bad mood. Jangan sampai yang Anda makan malah memperparah tingkat stres Anda, jadi kenali betul perasaan Anda lalu pilihlah makanan yang sesuai dengan kondisi mood Anda. (merdeka)



Baca Juga: