6-masalah-kesehatan-ini-mengancam-mereka-yang-menopause

6 Masalah kesehatan ini mengancam mereka yang menopause



Selain menstruasi, wanita pasti akan mengalami masa menopause di dalam hidup mereka. Menopause terjadi ketika sel telur tak aktif lagi dalam berproduksi. Menopause sendiri tak bisa dibilang remeh sebab dengan adanya menopause maka sistem hormonal wanita akan terganggu dan bukan tidak mungkin akan sanggup memunculkan beberapa gangguan kesehatan atau penyakit.

Apa saja masalah kesehatan yang menghantui mereka yang sudah menopause? Berikut adalah jawabannya.

Gangguan tidur
Menurut penelitian, wanita yang sudah menopause akan mengalami gangguan tidur. Selain karena hot flashes yang membuat tidak nyaman, sulitnya tidur juga disebabkan karena kadar progesteron dalam tubuh yang menurun. Gangguan tidur ini tak bisa dianggap sepele sebab bisa menyebabkan serangan jantung, stroke, dan bahkan diabetes.

Menurunnya pendengaran
Seiring dengan penuaan, menopause mampu membuat pendengaran jadi menurun. Alasannya karena terjadi penurunan tingkat estrogen.

Mata kering
Wanita menopause juga lebih mudah terkena gangguan mata kering. Hal ini terjadi karena penurunan hormon testosteron yang berfungsi untuk melembabkan dan melumasi mata.

Penyakit lever
Wanita yang sudah menopause juga lebih mudah untuk terserang penyakit lever. Sebabnya karena terjadi penurunan kadar hormon estrogen yang berfungsi untuk menjaga kesehatan lever.

Gangguan autoimun
Penyakit karena penurunan imun tubuh seperti lupus, rheumatoid arthritis, dan multiple sclerosis terjadi karena penurunan tingkat estrogen dalam tubuh wanita yang menopause. Kurangnya hormon ini kemudian akan menyebabkan peradangan dalam tubuh.

Prolaps organ panggul
Saat menopause, otot-otot panggil menjadi lemah dan organ vital seperti vagina, rahim, kandung kemih, dan rektum akan ‘menggantung’ yang pada gilirannya bisa mengganggu kesehatan reproduksi.

Menopause memang tidak bisa dihindari oleh wanita. Namun dampak buruknya bisa diminimalisir dengan selalu menjalankan pola hidup sehat agar tubuh pun jadi sehat baik secara fisik maupun mental.



Baca Juga: