6-bahaya-kesehatan-saat-kamu-tinggal-di-tempat-berisik

6 bahaya kesehatan saat kamu tinggal di tempat berisik


BERANDA.COM IS FOR SALE WHATSAPP (62) 081-550-58587

Polusi memiliki banyak macamnya. Ada polusi udara, polusi air, hingga polusi suara.

Polusi suara sendiri sering dialami oleh mereka yang hidup di kota besar. Mulai dari suara klakson kendaraan, musik di pusat keramaian, atau padatnya lingkungan tempat tinggalmu.

Tak banyak yang tahu bahwa polusi suara bisa bahaya kesehatan berikut ini seperti yang dilansir dari thehealthsite.com.

Gangguan tidur
Hal pertama yang bisa terpengaruh karena suara bising adalah waktu tidurmu. Sebabnya kamu tentu butuh suasana yang tenang untuk bisa tidur nyenyak, bukan?

Kurang tidur sendiri bisa menyebabkan gangguan sistem endokrin, gangguan kesehatan kardiovaskular, serta naiknya tingkat stres.

Masalah jantung
Hipertensi arterial, penyakit jantung koroner, dan penyakit jantung iskemik adalah contoh masalah jantung yang terjadi karena tinggal di lingkungan yang bising.

Tekanan darah tinggi
Terus-menerus berada di tempat yang berisik bisa membuat tekanan darah naik. Hal ini terlihat dari penelitian yang menunjukkan bahwa mereka yang tinggal di tempat berisik memiliki tekanan darah yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak.

Gangguan endokrin
Paparan kebisingan dengan intensitas tinggi bisa memicu produksi adrenalin dan nonadrenalin di tubuh. Hal ini bisa menyebabkan kadar kortisol darah naik, menyebabkan retensi cairan, penambahan berat badan, kelelahan, penurunan sistem kekebalan tubuh, gagal jantung, serta stroke.

Masalah kejiwaan
Tingkat kebisingan yang tinggi juga dapat memicu gangguan kejiawaan serius. Sebabnya suara bising akan membuat seseorang mudah gelisah, argumentatif, cemas, serta tingkat kemarahan yang mudah meningkat.

Gangguan perkembangan anak
Menurut sebuah penelitian, janin mampu merasakan suara dari luar dan meresponnya. Kebisingan cenderung akan mempengaruhi produksi hormon dan bisa menyebabkan kelainan pada perkembangan anak.



Baca Juga: