5 Sumber kalsium non susu


BERANDA.COM IS FOR SALE 500,000 USD. WA (62) 081-550-58587.
SUITABLE FOR MARKETPLACE, NEWS PORTAL, SEARCH ENGINE, PROPERTY ETC.

Kalsium merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh dalam pembentukan tulang. Menurut pihak Office of Dietary Supplements, kekurangan kalsium akan menyebabkan berbagai penyakit, salah satunya adalah osteoporosis.

Salah satu produk sumber kalsium yang paling mudah ditemukan adalah susu. Namun bagi sebagian orang yang alergi terhadap susu, sumber kalsium ternyata bisa didapatkan dari jenis makanan lain. Apa saja makanan tersebut? Simak daftar selengkapnya seperti yang dilansir dari Live Strong (24/03) berikut ini.

Buah dan sayur

Banyak sekali buah-buahan dan sayuran, khususnya yang berwarna hijau, kaya akan kalsium. Menurut para ahli dari University of Arizona, buah-buahan dan sayuran yang kaya akan kalsium adalah sawi, kangkung, bayam, lobak hijau, brokoli, jeruk, dan sayur bok choy atau sawi Cina.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga merupakan sumber kalsium non susu yang rendah lemak jenuh namun kaya akan serat. Mengonsumsi 1 cangkir kacang kedelai setara dengan asupan 180 mg kalsium. Buncis, kacang hitam, tahu, dan kacang almond merupakan beberapa jenis makanan yang mengandung kalsium tinggi.

Seafood

Beberapa ikan dan kerang mengandung kalsium yang tinggi serta vitamin dan mineral lainnya. Tiram, kepiting biru, dan kerang adalah beberapa seafood yang kaya akan kalsium. Jika ingin mendapatkan asupan kalsium yang lebih banyak, cobalah untuk mengonsumsi sarden kalengan yang masih memiliki tulang.

Makanan berlapis kalsium

Ada banyak produk makanan yang kini dilapisi dengan kalsium, seperti misalnya sereal, pasta, susu kacang kedelai, dan beberapa jenis jus. Makanan tersebut bisa Anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh.

Sumber kalsium non susu lainnya

Produk lain yang juga mengandung kalsium adalah snack sehat tortilla dengan gula tetes.

Setelah menyimak berbagai produk sumber kalsium non susu di atas, Anda bisa menjadikannya sebagai rekomendasi konsumsi sumber kalsium selain susu setiap hari. (merdeka)



Baca Juga: