5-jenis-rempah-penurun-hipertensi

5 Jenis rempah penurun hipertensi



Indonesia dikenal kaya akan rempah-rempahnya. Selain digunakan untuk bumbu masak, rempah-rempah juga berkhasiat bagi kesehatan, khususnya hipertensi (tekanan darah tinggi). Nah, berikut adalah beberapa jenis rempah yang ampuh dalam mengontrol tekanan darah tinggi, seperti dilansir Boldsky.

1. Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat anti-bakteri dan anti-hipertensi. Untuk mengontrol tekanan darah, makan 2-3 siung bawang putih secara teratur. Di China, bawang putih juga digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan masalah tekanan darah lho.

2. Bawang merah

Bawang merah merupakan obat alami yang ampuh dalam mengobati tekanan darah tinggi. Seperti halnya bawang putih, bawang merah dapat menstabilkan tekanan darah. Jenis rempah ini memiliki kandungan quercetin (suatu flavonol antioksidan) yang dapat meningkatkan sirkulasi dan produksi darah, serta mengurangi risiko serangan stroke.

3. Kayu manis

Jenis rempah-rempah ini sangat efektif untuk menyembuhkan hipertensi. Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition, kayu manis juga sangat efektif dalam mengurangi tekanan darah tinggi pada penderita diabetes maupun non-diabetes.

4. Basil

Basil dapat mengontrol tekanan darah tinggi serta membersihkan pembuluh darah. Anda dapat menyertakannya ke dalam semangkuk salad atau sebagai campuran bumbu spaghetti yang nikmat.

5. Oregano

Sama seperti Basil, Oregano dikenal ampuh dalam menyembuhkan hipertensi. Jenis herbal ini memiliki senyawa anti-jamur seperti timol dan carvacrol yang dapat mengurangi arteri, tekanan darah sistolik dan diastolik.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi berisiko menyebabkan serangan stroke dan jantung. Perbanyak konsumsi makanan bernutrisi dan hindari makanan cepat saji atau yang mengandung banyak lemak trans.



Baca Juga: