5-bahan-alami-untuk-pertolongan-pertama-kala-digigit-ular

5 Bahan alami untuk pertolongan pertama kala digigit ular


BERANDA.COM IS FOR SALE WHATSAPP (62) 081-550-58587

Saat seseorang terkena gigitan ular, tentu reaksi pertama yang muncul adalah rasa panik dan takut. Takut jika racun tersebut memiliki efek buruk yaitu mematikan.

Memang benar jika setelah digigit ular kamu harus segera mendapatkan pertolongan medis. Namun ada kalanya kamu tidak bisa segera langsung pergi ke rumah sakit. Oleh karena itu kamu perlu beberapa bahan alami berikut ini untuk meminimalisir efek buruk dari menyebarnya racun atau bisa ular ke seluruh bagian tubuh.

1. Charcoal

Saat kamu menemukan charcoal, tumbuklah. Kemudian oleskan di atas area gigitan ular lalu ikat area tersebut.

Selain dioleskan, charcoal juga bisa dikonsumsi. Tindakan ini harus segera dilakukan setelah gigitan terjadi. Kandungan karbon aktif di dalamnya akan melindungi sel darah dan menyerap racun.

2. Bunga marigold

Si cantik ini tinggi akan kandungan antioksidan yang disebut sebagai flavonoid. Zat ini akan menawarkan perlindungan dari kontaminasi racun yang masuk ke tubuh, mengurangi iritasi, dan membantu pemulihan secara cepat.

3. Minyak oregano

Saat kamu digigit ular, segera bilas dengan air mengalir. Kemudian oleskan minyak oregano ke area gigitan ular. Tindakan ini membantu dalam menarik racun dan mengeluarkan desinfektan pada luka. Kemudian ikat kulit yang digigit ular agar racun yang masuk tidak menyebar.

4. Daun kari

Selain digunakan sebagai bumbu masak, ternyata daun kari juga bisa digunakan sebagai obat pertama untuk mengatasi gigitan ular. Caranya adalah dengan menumbuk daun kari dan kemudian oleskan di atas luka.

5. Minyak lavender

Tak hanya bermanfaat untuk mengobati insomnia, minyak ini juga bersifat desinfektan. Sehingga mampu menghentikan efek buruk dari racun ular untuk sementara waktu.

Oleskan minyak lavender di atas luka yang sudah dibersihkan.

Selain melakukan pertolongan pertama di atas, korban gigitan harus tetap tenang. Sebab jika korban panik, maka racun akan menyebar ke dalam tubuh dengan cepat karena kepanikan akan meningkatkan denyut jantung.



Baca Juga: