11 Alasan kenapa kamu harus mengonsumsi buah apel


BERANDA.COM IS FOR SALE 500,000 USD. WA (62) 081-550-58587.
SUITABLE FOR MARKETPLACE, NEWS PORTAL, SEARCH ENGINE, PROPERTY ETC.

11-alasan-kenapa-kamu-harus-mengonsumsi-apel

Apel adalah salah satu buah yang sangat menyehatkan dan memiliki harga yang cukup terjangkau. Buah ini juga kaya dengan kandungan antioksidan, vitamin C, dan serat. Apel juga bisa digunakan sebagai camilan yang mengenyangkan dan sehat. Selain untuk kesehatan, berikut 11 alasan mengapa Anda harus makan apel setiap hari.

1. Mencegah kelebihan berat badan

Dengan lebih dari sepertiga dari populasi orang dewasa di dunia yang berpotensi obesitas, kemampuan apel untuk menurunkan berat badan memang menjadi berita yang bagus. Apel memiliki kandungan serat yang tinggi dan kepadatan energi yang rendah. Beberapa studi yang dihimpun oleh tim AsmaraKu.com mengaitkan kedua sifat ini untuk pengurangan asupan kalori dan penurunan berat badan yang cukup besar dalam jangka panjang.

Sebuah studi menunjukkan bahwa makan apel, terutama setengah jam atau satu jam sebelum makan, membantu dalam mengurangi asupan kalori sehingga dapat membantu dalam penurunan berat badan. Oleh karena itu, apel termasuk ke dalam makanan diet penurun berat badan yang sangat dianjurkan.

2. Menurunkan gula darah dan melindungi dari serangan diabetes

Studi lain menunjukkan bahwa apel dapat membantu mengurangi tingkat gula dalam darah dan melindungi Anda dari diabetes tipe 2. Dalam satu studi, partisipan yang mengonsumsi satu atau lebih apel setiap hari dilaporkan memiliki risiko hampir 30% lebih rendah terkena Diabetes Tipe 2.

Hal ini karena apel sangat kaya serat yang bila dimakan dalam jumlah besar meningkatkan kontrol glukosa darah. Buah ini juga mengandung antioksidan yang memperlambat pencernaan gula. Berkat dua nutrisi ini, apel adalah pilihan yang baik untuk seseorang yang bermasalah dengan diabetes atau prediabetic.

3. Mencegah penyakit kardiovaskular

Terdapat sejumlah penelitian yang dilakukan untuk menyelidiki hubungan antara apel dan faktor risiko penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan para ahli kepada hewan percobaan, makan apel dapat mengurangi kadar kolesterol total dan penumpukan plak dalam arteri. Kedua hal ini merupakan faktor yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Jika hasil penelitian hewan ini juga serupa untuk manusia, itu berarti makan apel dapat membantu melindungi Anda dari serangan penyakit jantung.

Dalam studi lain yang dilakukan pada manusia oleh peneliti dari Finlandia, risiko kematian karena penyakit kardiovaskular menjadi 43% lebih sedikit pada wanita dan 19% lebih sedikit pada pria yang makan lebih dari 1,9 ons (54 gram) apel setiap hari.

4. Ampuh melawan kanker

Dalam sebuah penelitian yang berjudul “Apakah sebuah apel sehari bisa mengatasi masalah kanker Anda?”, ditemukan bahwa partisipan yang makan sebuah apel sehari atau lebih memiliki risiko lebih rendah terkena kanker. Para ilmuwan dari American Association for Cancer Research juga merekomendasikan konsumsi apel yang mereka percaya dapat menurunkan risiko terkena kanker pankreas sebanyak 23%.

Penelitian lain juga telah membuktikan bahwa apel dapat melindungi terhadap kanker jenis lainnya. Para peneliti di Cornell University telah berhasil mengidentifikasi banyak senyawa dalam kulit apel yang membantu melawan sel-sel kanker pada payudara, hati, dan usus besar.

5. Mencegah batu empedu

Orang-orang dengan kadar kolesterol tinggi dalam darah berada pada risiko lebih besar untuk mengalami masalah batu empedu. Dokter sering merekomendasikan pasien penderita batu empedu dan orang-orang dengan risiko yang lebih besar dari batu empedu untuk makan makanan kaya serat seperti apel. Alternatif lain adalah dengan minum jus apel dan jeruk dicampur dengan madu untuk detoksifikasi hati.

6. Membantu mengatasi alzheimer

Sebuah studi telah mengonfirmasi bahwa konsumsi jus apel pada tikus dapat menyebabkan penurunan risiko Alzheimer. Walaupun hal ini belum terbukti secara medis pada manusia, namun cara ini dapat menjadi alternatif untuk mengatasi masalah Alzheimer yang hingga sekarang tidak diketahui obatnya.

7. Melindungi tubuh dari parkinson

Orang yang mengonsumsi banyak buah-buahan kaya serat seperti apel dan makanan lain memiliki risiko lebih rendah mengalami Parkinson. Parkinson adalah penyakit progresif dari sistem saraf yang ditandai dengan gangguan sel saraf yang memproduksi dopamin di otak.

8. Mencegah asma

Makan apel baik untuk pencegahan dan penanganan asma. Menurut sebuah penelitian di Inggris, orang yang makan 2-5 buah apel setiap minggu sekitar 30% lebih kecil kemungkinannya untuk menderita asma daripada mereka yang tidak mengonsumsinya sama sekali. Hal ini karena apel merupakan sumber yang baik dari flavonoid, yang dapat membantu mengurangi peradangan pada saluran udara. Alasan lain mengapa apel baik untuk penderita asma adalah karena asam fenolik yang terkandung di dalamnya. Asam ini membantu pasien asma bernapas lebih bebas, serta mengurangi kebutuhan akan obat-obatan.

Makan apel juga merupakan cara yang baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda. Vitamin C tidak hanya membantu meringankan peradangan pada saluran udara, tetapi juga menjaga paru-paru yang sehat dan kuat. Hal ini juga memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat nantinya akan mampu membantu meringankan gejala asma.

9. Memperkuat tulang

Apel merupakan sumber kalsium, mereka membantu untuk memperkuat tulang kita dan keseluruhan organ tubuh yang lain. Selain kaya akan kalsium, apel juga mengandung antioksidan tertentu yang membantu meningkatkan kepadatan tulang, serta senyawa yang disebut boron yang mencegah patah tulang dan memperkuat mereka. Apel juga mengandung phloridzin, sebuah polifenol yang berperan penting dalam menurunkan risiko osteoporosis.

10. Mencerahkan gigi

Tampaknya makan apel juga membuat seorang tidak perlu ke dokter gigi. Makan apel setelah makan dapat membantu dalam menyingkirkan noda kuning pada gigi. Apel mengandung zat asam yang membantu memutihkan dan membersihkan gigi. Saat dikunyah, apel bekerja seperti sikat gigi dan dapat membantu membersihkan gigi dari noda. Makanlah apel renyah selama beberapa hari dan Anda pasti akan menemukan gigi menjadi lebih terang dari sebelumnya.

Namun, jangan terlalu kebanyakan makan apel karena mereka juga mengandung asam dan gula. Jika mereka tersisa pada gigi maka akan timbul masalah pada gigi. Oleh karena itu, bilas mulut secara menyeluruh setelah makan apel dan sikat dengan benar sebelum tidur.

11. Menghilangkan racun di hati

Apel mengandung pektin, senyawa antioksidan yang memiliki kualitas detoksifikasi yang kuat. Senyawa ini dapat membantu menghilangkan kelebihan kolesterol, logam yang tidak diinginkan, dan racun lainnya dari tubuh. Dengan mengonsumsi apel maka Anda dapat mendetoksifikasi hati dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Itu lah cara mendapat gaya hidup sehat mudah hanya dengan mengonsumsi apel.



Baca Juga: